Home » Blog » Batik Tulis Madura di Tengah Derasnya Batik Printing
Kategori
Pengiriman
Testimoni
95000
Rp 85000
stok habis
100000
Rp 90000
stok habis
100000
Rp 90000
stok habis
105000
Rp 95000
stok habis

Batik Tulis Madura di Tengah Derasnya Batik Printing

Sunday, September 1st 2013. Posted in Blog

Batik tulis madura menghadapi tantangan dengan derasnya serbuan batik printing dan batik cap di pasaran. Meningkatnya permintaan kain batik mendorong industri tekstil Indonesia ikut meramaikan pasar batik hingga muncul batik yang dibuat dengan mesin. Keteguhan hati pengrajin batik madura diuji agar tetap mempertahankan batik tulis sebagai warisan leluhur. Dengan begitu ia akan tetap memiliki differensiasi/daya beda dengan yang lain sebagai wujud ekspresi seni kriya.

Bagi masyarakat madura, kegiatan membatik bukan sekedar bermotif ekonomi. Sebagai tradisi, membatik juga dipandang sebagai sarana ekspresi budaya yang mencerminkan kearifan lokal. Itulah sebabnya, motif-motif batik tulis madura diwarnai corak khas pesisir dengan motif hewan laut yang dipadu dengan tumbuhan dan aneka satwa seperti burung, ayam, kupu-kupu, capung, dll. Pilihan warna cerah dan berani mencerminkan keuletan dan semangat bekerja keras masyarakat Madura. Masing-masing motif batik memiliki makna filosofi yang dalam.

Canting, Alat untuk Membatik

Canting, Alat untuk Membatik

Batik tulis Madura merupakan salah satu produk unggulan kerajinan rakyat di pulau Madura, Jawa Timur. Sentra-sentra produksi batik madura dapat ditemukan di 4 kabupaten yang ada di pulau garam ini. Kabupaten Bangkalan ada di kecamatan Tanjung Bumi yang terkenal dengan Batik Gentongan, pengrajin batik tulis sampang ada di kecamatan Banyuates dan Jrengik, pengrajin batik tulis Pamekasan berpusat di kecamatan Proppo, dan batik tulis Sumenep dapat dijumpai di kecamatan Pakandangan. Dengan ribuan jumlah pengrajin, wajarlah batik madura memiliki motif yang sangat beragam. Jumlah pengrajin batik tulis di kabupaten Pamekasan saja mencapai lebih dari 3.700 pengrajin.

Derasnya batik printing dan batik cap membanjiri pasar batik Indonesia tidak perlu dirisaukan. Pada akhirnya pecinta batik tetap akan memilih yang memiliki nilai, baik nilai seni maupun nilai humanis di dalamnya. Itu dapat ditemukan pada batik tulis. Kata para sesepuh, di dalam lembaran kain batik tulis terdapat cinta karena dibuat dengan cinta. Kedengarannya lebbay, tapi itulah yang dikatakan para pembatik sepuh di madura. Mereka melakukan kegiatan membatik sambil bercengkerama dengan anak, cucu, dan anggota keluarga lainnya. Anak-anak kecil terkadang usil menggoda sang ibu atau nenek ketika sedang membatik. Sesekali, mereka menirukan sang ibu/nenek yang sedang meniup canting (alat tulis batik). Tak jarang mereka tertawa riuh ketika terkena cipratan malam (lilin batik).

Satu hal yang patut disyukuri, hingga saat ini batik madura masih mempertahankan proses pembuatan batik dengan cara ditulis dengan tangan. Kalau toh ada batik cap, biasanya hanya sebagian yang prosesnya menggunakan cap. Itu pun alat cap dibuat sendiri untuk membantu agar prosesnya lebih cepat. Secara keseluruhan proses awal hingga finishing masih tetap mempertahankan pola kerja pembuatan batik tulis. Akhirnya, batik jenis ini sering disebut kombinasi, tulis dan cap. Harganya pun akan berbeda, batik full tulis lebih mahal karena prosesnya yang lama memerlukan kesabaran, ketekunan, dan ketelitian. Hal inilah yang sering kali kurang dipahami oleh para pemesan yang inginnya cepat selesai.

Semangat membatik harus tetap didorong agar pengrajin batik tulis madura tidak tenggelam di tengah derasnya batik printing dan batik cap. Salah satu wujud kecintaan kita pada batik tulis adalah dengan memberi nilai dan harga yang layak. Bagaimanapun, batik tulis madura dapat menjadi kebanggaan sebagai bangsa.

160000
Rp 150000
stok habis
100000
Rp 90000
stok habis
95000
Rp 75000
stok habis
180000
Rp 160000
stok habis
90000
Rp 80000
stok habis
Batik Terlaris
batikmadura99.com
JL. Basar III/17 Pamekasan
Madura, Jawa Timur
Telp. 0324-333805
SMS/WA/Call. 081252855566
BBM: D4F74F09
Pembayaran
BCA 1920548535
MANDIRI 141 00 11512951 A.N. MOCH. MALIK