• Kontak Kami
  • Hotline : 0324-333805
  • SMS : 085259561116
  • BBM : DC587BDE

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Cara Merawat Batik

Cara Merawat Batik

Diposting pada 25 March 2013 oleh batik99

Cara merawat batik bukanlah pekerjaan sulit. Anggapan kain batik warnanya cepat pudar sebenarnya tidak selalu benar. Kemungkinan itu terjadi karena salah dalam perawatan. Pecinta batik madura bahkan telah membuktikan bahwa batik tulis madura setelah dicuci warnanya akan tampak lebih cerah dan menyala.

Batik Madura Cerah Warnanya

Batik Madura Cerah Warnanya

Berikut ini kami sajikan tips cara merawat batik agar warnanya tetap bagus tidak pudar dan awet.

  1. Pada saat mencuci kain batik, pisahkan baju batik dengan baju lainnya.
  2. Cucilah batik dengan menggunakan sabun lerak khusus untuk mencuci batik. Sabun jenis ini sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Jaman dahulu batik dicuci dengan biji lerak kering (Jawa:klerek) yang dilarutkan dalam air hangat.
  3. Sebaiknya kain batik tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Disarankan pula, hanya bagian yang benar-benar kotor bernoda yang dikucek tanpa memakai sikat. Bagian lainnya cukup diremas-remas perlahan.
  4. Desainer sekaligus pecnta batik Indonesia, Edward Hutabarat menyarankan agar batik dicuci dengan menggunakan air hangat. Dia juga menyarankan agar menghindari mencuci batik dengan cara diperas.
  5. Selesai mencuci, kain batik cukup dibilas dengan cara dicelupkan ke dalam air bersih.
  6. Usahakan jangan menjemur baju batik di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Cukup diangin-anginkan di tempat yang tidak terkontak sinar matahari.
  7. Seterikalah kain batik dengan panas standar, tidak terlalu panas.
  8. Hindari pemakaian kapur barus saat menyimpan batik di lemari pakaian. Zat kimia yang terkandung dalam kapur barus dapat merusak serat kain.

Itulah tips cara merawat batik agar warnanya tetap cemerlang. Kain batik tulis merupakan kebanggaan sebagai bangsa yang harus dilestarikan. Kami sebagai produsen batik Madura sangat bangga dengan penetapan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia oleh UNESCO. Lebih lengkap lagi kebanggaan itu dengan pencanangan hari batik nasional tanggal 2 oktober oleh bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selamat berbusana batik.

Bagikan informasi tentang Cara Merawat Batik kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Merawat Batik | Batik Madura 99

Komentar dinonaktifkan: Cara Merawat Batik

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 10%
STOK HABIS
Rp 90.000 Rp 100.000
Habis / BM-455
OFF -16%
Rp 110.000 Rp 95.000
Ready Stock / BM-5780
OFF 10%
Rp 90.000 Rp 100.000
Ready Stock / BM99-6745
SIDEBAR