• Kontak Kami
  • Hotline : 0324-333805
  • SMS : 085259561116
  • BBM : DC587BDE

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Keindahan Warna Motif Batik Madura

Keindahan Warna Motif Batik Madura

Diposting pada 4 Agustus 2013 oleh batik99

Warna cerah dan berani merupakan ciri khas motif batik tulis madura. Sebagai bagian dari batik pesisir nusantara, motif tumbuhan dan aneka bunga yang dipadu dengan aneka ragam binatang menjadikan batik madura mudah dikenali. Keberanian dalam menyajikan warna-warna cerah dipandang sebagai ekspresi semangat menuju kehidupan yang lebih baik.

Paradigma yang berkembang bahwa kain batik identik dengan warna-warna lembut, kalem seperti kecoklatan dan kehitaman tidak selalu hadir dalam motif batik madura. Sebaliknya, para pengrajin batik tulis madura sering bereksperimen dengan warna-warna cerah, seperti merah, biru, kuning cerah, bahkan hijau muda. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta batik karena memiliki deferensiasi dengan batik yang sudah ada. Kendati demikian, batik motif lawasan, batik motif tradisional klasik masih tetap hidup di madura dengan harga lebih tinggi dibanding batik modern atau kontemporer.

Batik tradisional klasik yang umumnya bermotif dasar sekar jagad atau beras tumpah, di Pamekasan, dikerjakan oleh pengrajin batik dari kampung Podek hingga terkenal dengan sebutan batik Podek. Tempat-tempat lain, yang masyarakatnya sehari-hari melakukan kegiatan membatik adalah desa Larangan Badung, Toket, dan Banyumas Klampar.

Motif Batik Madura

Motif Batik Madura

Kabupaten Pamekasan, mungkin termasuk yang memiliki jumlah pembatik terbanyak, yakni 3.700 pembatik. Tidak mengherankan kalau kabupaten ini pernah memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dalam kegiatan membatik di atas kain sepanjang 1.530 meter pada tahun 2009. Batik sepanjang lebih dari 1,5 km itu dikerjakan oleh 800 pembatik secara bersamaan di monumen Arek Lancor, Pamekasan.  Yang menarik, batik sepanjang itu tidak satu motif tapi beragam karena setiap pembatik diberi kesempatan menuangkan motif yang sering dikerjakan. Dengan demikian hampir semua motif batik tulis Madura tergambar di situ, antara lain: motif sekar jagad, motif ramok, motif oleng, motif beras tumpah, motif lak-olak, dan motif misrimi.

Alasan orang memilih batik madura umumnya juga karena keindahan motif dan keberanian dalam menyajikan warna cerah. Dalam setiap kegiatan event Pameran batik, rasanya, tidaklah lengkap tanpa menghadirkan motif batik madura.

Bagikan informasi tentang Keindahan Warna Motif Batik Madura kepada teman atau kerabat Anda.

Keindahan Warna Motif Batik Madura | Batik Madura 99

Komentar dinonaktifkan: Keindahan Warna Motif Batik Madura

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 13%
STOK HABIS
Rp 70.000 Rp 80.000
Habis / BM-6545
OFF 10%
STOK HABIS
Rp 90.000 Rp 100.000
Habis / BM-499
OFF 10%
Rp 90.000 Rp 100.000
Ready Stock / BM-500
SIDEBAR